Perancangan Desain Ruang Perpustakaan Sebagai Upaya Pemenuhan Prasarana Pendukung Pembelajaran Pada Kegiatan Belajar Mengajar di TKA dan TPQ Al-Hijrah

Di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, sudah lumrah bagi anak-anak untuk menuntut ilmu di Taman Kanak-kanak Islam (TKA) sebelum masuk ke tingkat Sekolah Dasar (SD), dan melanjutkan masuk ke Taman Pembelajaran Qur’an (TPQ) saat menginjak usia SD. Untuk itu, rencana pelaksanaan program Pengabdian Masyarakat ini memilih mitra sasar yang bergerak di bidang Pendidikan Islam, yaitu TKA dan TPQ Al-Hijrah, Cimahi. Saat ini dibutuhkan  perancangan desain  perpustakaan di TKA dan TPQ Al-Hijrah, dikarenakan siswa TKA dan TPQ membutuhkan tempat untuk meningkatkan pengetahuan terkait berbagai bidang ilmu dan sebagai wadah untuk tukar menukar informasi antara siswa, serta guru-siswa, terutama dalam mendorong anak untuk senang membaca. Mempertimbangkan urgensi yang terjadi, tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu menyiapkan rencana desain dan prototype bagi Gedung belajar TKA/TPQ Al-Hijrah.  Secara khusus pada perencanaan desain perpustakaan. Dengan adanya optimalisasi desain interior pemenuhan pra-sarana, diharapkan kegiatan belajar mengajar di TKA dan TPQ Al-Hijrah dapat berjalan dengan lancar dan lebih optimal. Sehingga dapat berjalan lebih baik dan sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku.

Anggota Dosen

  1. Vika Haristianti, S.Ds., M.T (NIP: 20910029)
  2. Aida Andrianawati, S.T., M.Sn (NIP: 20730002)
  3. Erlana Adli Wismoyo, S.Sn., M.Ds (NIP: 22900015)

Anggota Mahasiswa

  1. Desak Putu Ira Maharani (NIM: 1603210038)
  2. Fathimah (NIM: 1603210217)