Abdimas Zona Belajar Anak Pos PAUD Fathonah

Pengelompokkan Zona Belajar Anak Melalui Perencanaan Elemen Lantai Kelas

di Pos PAUD Fathonah

oleh: Rizka Rachmawati S.Ds., MBA, Imtihan Hanom S.Sn., M.Ds, Santi Salayanti S.Sn., M.Sn

 

Salah satu sarana untuk menunjang perkembangan tumbuh kembang anak yaitu melalui interior ruang bermain mereka. Interior ruang bermain yang memiliki fungsi sekaligus ruang belajar yaitu terdapat di sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam upaya mengabdikan ilmu kepada masyarakat sekitar, Universitas Telkom menggalakkan program pengabdian masyarakat (PKM) yang merupakan salah satu kegiatan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat). Sebagai bentuk kepedulian sebuah lembaga pendidikan terhadap kehidupan nyata di masyarakat, tim kegiatan pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa akan mengabdikan bagian dari praktek nyata ilmu matakuliah Merancang Interior yang dipelajari dalam dunia pendidikan tinggi menjadi bentuk hasil karya yang bermanfaat dan mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat setempat. Salah satunya yakni melalui peningkatan kualitas elemen interior fasilitas publik di Pos PAUD Fathonah, Kabupaten Bandung.

 

 

Kondisi Pos PAUD Fathonah yang berada di lingkungan padat penduduk menyebabkan bermunculan permasalahan yang mengganggu kenyamanan penghuninya, terutama para staff pengajar dan anak-anak siswanya. Tata layout dan organisasi ruang di dalam kelas belum diolah dengan baik, sehingga berpengaruh pada kegiatan pelaksanaan pendidikan di PAUD Fathonah. Upaya penataan zoning, blocking, dan layout sebagai pemecahan masalah guna menghasilkan kenyamanan dan kualitas belajar mengajar pengguna melalui elemen lantai dalam ruang belajar dan bermain anak. Hal ini diaplikasikan di lingkungan PAUD dengan pertimbangan peningkatan semangat memotivasi belajar dan daya tangkap otak anak melalui bentukan zonasi yang sesuai standar, penggunaan bahan material lantai yang memiliki keamanan baik, minim perawatan dan terjangkau sehingga hemat dalam pengadaan maupun pemeliharaannya.

 

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberi solusi atas permasalahan yang timbul di lingkungan PAUD Fathonah, terutama di area kelas yang belum terzonasi dengan jelas, sehingga dapat mendukung aktivitas belajar mengajar anak di Pos PAUD Fathonah. Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi wadah untuk mengembangkan potensi diri anak, dimana diperlukan juga pendidikan yang fokus dari pengasuh, guru, ataupun orang tua. Sehingga luaran kegiatan ini disesuaikan dengan permasalahan yang telah disebutkan diatas, yaitu dengan pembuatan Gambar Kerja pola lantai berupa penggunaan material limbah industri sebagai pengelompokkan zona ruang yang diaplikasikan pada elemen lantai kelas yang dapat memfasilitasi kegiatan belajar dan bermain anak. Dengan adanya perencanaan ini, diharapkan suasana kelas menjadi lebih kondusif dan tingkat kualitas siswa Pos PAUD Fathonah menjadi lebih baik.

 

 

Proses Desain

Proses desain dilakukan setelah mengetahui konsep perancangan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan juga menggunakan beberapa refrensi mengenai pembagian area di dalam kelas belajar anak usia dini. Area terbagi menjadi 3, pertama adalah area basah untuk aktivitas anak yang kotor seperti bermain pasir dan juga sebagai area transisi. Material area basah bisa berupa keramik (ukuran dan jenis bebas), tegel, plester/acian, batu alam, karet, marmer, granit, dan homogenous tile. Area kedua adalah area bermain, area ini dapat menunjang aktivitas  gerak motoric anak atau ketika mereka sedang bersosialisasi dan berkumpul bersama. Material lantai area bermain dapat berupa rubber mat, vinyl, linoleum, karpet, parket kayu, dan rumput sintetis. Area ketiga yaitu area baca buku, dimana di area ini anak dapat melakukan kegiatan yang membutuhkan fokus khusus. Material lantai area baca buku dapat berupa karpet, vinyl, parket kayu, rubber mat, sponge/cushion, synthetic leather, dan fabric.

 

Selain itu, mengingat luasan ruang kelas yang tidak begitu besar, maka dilakukan penyederhanaan area di dalam kelas. Berikut adalah sketsa awal tentang pembagian zonasi ruang kelas.

 

 

Gambar 1. Sketsa Area yang dibagi berdasarkan Zona Aktivitas Anak di dalam Kelas.

 

 

Proses Produksi Gambar Pola Lantai

Proses produksi gambar kerja desain dilakukan selama 2 minggu oleh Tim Dosen dan Mahasiswa dengan didukung system kerja daring. Langkah pertama yaitu membuat draft design yang didiskusikan bersama tim dosen dan mahasiswa.

 

 

 

Gambar 2.  Denah Pola Lantai Area yang dibagi berdasarkan Zona Aktivitas Anak di dalam Kelas.Gambar 2.  Denah Pola Lantai Area yang dibagi berdasarkan Zona Aktivitas Anak di dalam Kelas.

 

 

Setelah produk desain pola lantai selesai, gambar denah desain pola lantai ini disesuaikan di ruang kelas Pos PAUD Fathonah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberi solusi yang timbul di lingkungan PAUD Fathonah, terutama suasana di ruang belajar mengajar yang dapat meningkatkan kenyamanan sehingga mood maupun aktifitas yang terjadi didalamnya lebih menyenangkan. Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi wadah untuk mengembangkan potensi diri anak, dimana diperlukan pengelompokkan pola aktivitas anak dan susunan ruang kelas pada Pos PAUD Fathonah berdasarkan kategori aktivitas. S

Jika kelak kondisi pandemi ini selesai, maka gambar desain pola lantai dapat menjadi acuan bagi pihak mitra untuk memperbaiki zonasi kelas PAUD FATHONAH. Kedepannya diharapkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mitra ini dapat terus berlanjut meskipun dalam situasi pandemi ini.

 

 

 

%d bloggers like this: