Pengabdian Masyarakat 2020-1

PERANCANGAN ULANG AREA TANGGA DAN TEMPAT WUDHU MASJID AL-BARKAH UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN JAMAAH

 

Oleh: Tim Dosen Desain Interior
Ketua : Mahendra Nur Hadiansyah, S.T., M.Ds (NIP: 19860001)
Anggota : Tri Haryo Tedjo, M.Ds (NIP: 11660034)
Erlana Adli Wismoyo, S.Sn., M.Ds (NIP: 19900022)

 

Masjid Al-Barkah merupakan salah satu masjid yang terdaftar resmi pada Direktorat Agama Islam dan pembinaan Syariah Direktorat Jendral Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Masjid ini memiliki banyak kegiatan keagamaan dilain sisi sebagai tempat beribadah umat Islam.

 

Melalui proses kunjungan dan wawancara dengan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), diketahui bahwa pihak pengelola masjid membutuhkan bantuan terkait fasad bangunan Masjid yang mengganggu aktivitas warga sekitarnya, khususnya satu sisi fasad pada area tangga penghubung ruang ibadah lantai satu dan dua. Dimana tangga terdapat di area outdoor yang membutuhkan atap untuk melindungi jamaah dari air hujan. Permasalahan terdapat pada kanopi tersebut, dimana air hujan yang melewati kanopi tersebut mengarah ke halaman rumah warga. Permasalahan berikutnya terdapat pada area wudhu, dimana area tersebut akan terkena air hujan jika curah hujan tinggi, sehingga akan mengganggu aktivitas jamaah. Untuk itu diperlukan sebuah perencanaan dan perancangan fasad bangunan yang matang agar dapat memaksimalkan aktivitas jamaah Masjid, dan tidak mengganggu aktivitas warga sekitar Masjid Al-Barkah.

 

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup sulit menghadapi perubahan keadaan yang diakibatkan terjadinya pandemi yang melanda dunia. Syukur alhamdulillah proses kunjungan dan wawancara dengan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dilakukan saat sebelum pandemi Covid-19 terjadi melanda kota Bandung yang mengharuskan setiap warga melakukan semua kegiatan di rumah. Kelanjutannya tidak berpengaruh pada proses karena proses desain dilakukan dari rumah dan dikomunikasikan dengan pihak mitra melalui media sosial.

 

 

kanopi di atas area tangga dimana air hujan yang melewati kanopi tersebut mengarah ke halaman rumah warga. Permasalahan berikutnya terdapat pada area wudhu, dimana area tersebut akan terkena air hujan jika curah hujan tinggi, sehingga akan mengganggu aktivitas jamaah. Solusi yang diberikan dengan redesain kanopi yang lebih landai dan berundak  2 ketinggian untuk merelaxasi aliran air. ditepi diberikan talang air untuk mengalirkan air huj an kesisi samping dan penahan debit air.

 

Foto kondisi eksisting dan hasil redesain kanopi tangga

 

Permasalahan berikutnya terdapat pada area wudhu, dimana area tersebut akan terkena air hujan jika curah hujan tinggi, sehingga akan mengganggu aktivitas jamaah. Selain itu sirkulasi bagian dalam tidak ergonomis.

 

Foto kondisi eksisting dan hasil redesain area wudhu

 

program pengabdian ini telah sesuai dengan tujuan dan kebutuhan DKM masjid Al Barkah dalam memperoleh solusi permasalahan yang dihadapi pada bangunan masjid. Para pengurus DKM dan jamaah menganggap bahwa dosen dan mahasiswa selaku pelaksana cukup ramah dan tanggap saat melaksanakan kegiatan. Dengan demikian pihak mitra sangat menerima dan mengharapkan program selanjutnya.

 

Terima Kasih kepada para tim dosen (anggota KK Lifestyle and design environment) dan mahasiswa Prodi Desain Interior – FIK yang terlibat serta kesediaan mitra utamanya adalah pengurus DKM Al Barkah khususnya Bpk Asep K. Sudrajat selaku Ketua yang cukup kooperatif berpartisipasi melancarkan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Selain itu kami ucapkan terima kasih kepada Universitas Telkom selaku penyokong biaya operasional kegiatan ini.

 

Dokumentasi kegitan ini juga dapat diakses pada link youtube berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=l37KnevACWw

 

 

%d bloggers like this: