Bachelor of Interior Design Telkom University

News

Tata Letak Ruang: Pentingnya Desain yang Efisien dan Ergonomis

  Tata letak ruang adalah elemen penting dalam desain interior yang mempengaruhi fungsionalitas, kenyamanan, dan efisiensi suatu ruangan. Dalam berbagai konteks, mulai dari rumah tangga hingga lingkungan komersial dan industri, tata letak ruang memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan yang baik untuk bekerja, tinggal, atau beraktivitas. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya tata letak ruang yang efisien dan ergonomis serta beberapa prinsip desain yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi. Mengapa Tata Letak Ruang Penting? Tata letak ruang yang baik tidak hanya tentang estetika visual, tetapi juga tentang keteraturan, kenyamanan, dan produktivitas. Sebuah tata letak yang baik dapat meningkatkan efisiensi penggunaan ruang, mengoptimalkan aliran lalu lintas, dan memfasilitasi fungsi-fungsi spesifik yang diinginkan dalam ruangan tersebut. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tata letak ruang sangat penting: Fungsionalitas: Sebuah tata letak yang baik memungkinkan penggunaan ruang secara optimal sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Misalnya, tata letak kantor yang baik akan mempertimbangkan posisi meja, akses ke peralatan, dan aliran kerja untuk meningkatkan produktivitas. Kenyamanan: Tata letak ruang yang memperhatikan kenyamanan pengguna dapat menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan untuk tinggal atau bekerja. Hal ini termasuk penempatan furnitur yang ergonomis, pencahayaan yang cukup, dan sirkulasi udara yang baik. Keamanan: Tata letak ruang yang dipikirkan dengan baik juga memperhatikan aspek keamanan. Ini termasuk memastikan bahwa jalur evakuasi mudah diakses, area berbahaya terisolasi, dan bahwa ada peralatan pemadam kebakaran yang tersedia. Estetika: Meskipun bukanlah faktor tunggal yang menentukan kualitas sebuah tata letak ruang, estetika tetaplah penting. Sebuah tata letak yang estetis dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan meningkatkan mood penghuni ruangan. Prinsip Desain Tata Letak Ruang Ada beberapa prinsip desain yang dapat membimbing proses pembuatan tata letak ruang yang efisien dan ergonomis. Berikut adalah beberapa di antaranya: Pertimbangkan Aliran Lalu Lintas: Memahami bagaimana orang akan bergerak melalui ruang tersebut adalah langkah penting dalam perencanaan tata letak. Hindari membuat rintangan atau penghalang yang tidak perlu dan pastikan jalur utama mudah diakses. Gunakan Ruang Secara Efisien: Coba maksimalkan penggunaan ruang dengan mempertimbangkan kebutuhan fungsional dan menyediakan penyimpanan yang cukup. Ini dapat dilakukan dengan memilih furnitur yang dapat digunakan secara fleksibel atau dengan menyesuaikan pola sirkulasi. Perhatikan Ergonomi: Pastikan furnitur dan peralatan yang digunakan sesuai dengan prinsip ergonomi untuk meminimalkan risiko cedera dan meningkatkan kenyamanan pengguna. Misalnya, kursi kantor yang dapat disesuaikan tingginya dan meja yang ergonomis dapat membantu mengurangi kelelahan saat bekerja. Optimalkan Pencahayaan dan Ventilasi: Sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik sangat penting untuk kesejahteraan penghuni ruangan. Pastikan ada cukup jendela untuk pencahayaan alami dan pertimbangkan penggunaan lampu buatan untuk menerangi area yang gelap. Pertimbangkan Estetika: Meskipun fungsi lebih penting dari estetika, sebuah tata letak yang menarik secara visual dapat meningkatkan mood dan produktivitas penghuni ruangan. Pilih palet warna yang sesuai, pertimbangkan tekstur dan pola, dan perhatikan proporsi dan simetri dalam desain. Contoh Penerapan Tata Letak Ruang Tata Letak Ruang Kantor: Sebuah kantor yang efisien memperhitungkan posisi meja kerja, ruang pertemuan, dan area penyimpanan dengan baik untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Tata Letak Ruang Rumah: Desain interior rumah yang baik akan memperhatikan aliran lalu lintas antar ruangan, penempatan furnitur yang nyaman, dan pencahayaan yang baik untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan untuk tinggal. Tata Letak Ruang Restoran: Sebuah restoran yang sukses memperhitungkan aliran lalu lintas pelanggan, penempatan meja yang strategis, dan atmosfir yang mengundang untuk menciptakan pengalaman makan yang menyenangkan bagi pengunjung. Tata letak ruang adalah elemen kunci dalam desain interior yang mempengaruhi fungsionalitas, kenyamanan, dan efisiensi ruang tersebut. Dengan memperhatikan prinsip-prinsip desain yang efisien dan ergonomis, kita dapat menciptakan lingkungan yang baik untuk tinggal, bekerja, atau beraktivitas. Dengan demikian, penting untuk memperhitungkan berbagai faktor seperti aliran lalu lintas, penggunaan ruang yang efisien, ergonomi, pencahayaan, dan estetika dalam merencanakan tata letak ruang yang optimal. Referensi:  https://www.archify.com/id/archifynow/mengenal-desain-ergonomis-dan-bagaimana-menerapkannya-pada-interior Penulis: Nadiatul Khairat

DETAIL
Feb
20

PENERAPAN KONSEP FLEXIBILITY PADA INTERIOR FASILITAS PENDIDIKAN DARUL HIKAM INTEGRATED SCHOOL (DHIS) – PRIMARY (KATAMSO)

Tim dosen:  Tita Cardiah, S.T., M.T Rangga Firmansyah, S.Sn., M.Sc Togar Mulya Raja, S.Sn., M.Ds Tim Mahasiswa:  Muhammad Ridho Satria Muhammad Aldi Budiman Fasilitas pendidikan merupakan factor penting dalam menunjang keberhasilan dan target capaian pembelajaran. Darul Hikam Integrated School (DHIS) – Primary sebagai sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai Akhlad dan mengembangkan kreativitas siswa, sehingga membutuhkan dukungan fasilitas pendidkan yang sesuai dengan target pembelajaran, program Pendidikan dan tentunya visi dan misi sekolah. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu menyelesaikan permasalahan ruang atau fasilitas yang ada di Darul Hikam Integrated School (DHIS) – Primary untuk di lakukan penataan ulang yang menerapkan konsep penataan flexibility ruang interior pada fasilitas Pendidikan. Hasil yang diharapakan dari kegiatan ini adalah Rekomendasi desain yang menjawab pemasalahan pada fasilitas Pendidikan di Darul Hikam Integrated School (DHIS) – Primary. Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah tindak lanjut dari program sharing session atau Forum Group Discussion yang dilaksanakan pada bulan November tahun 2022 antara tim Desain Interior dari Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom dengan tim manajemen Pendidikan Darul Hikam Bandung. Metoda yang digunakan pada penelitian ini adalah pemecahan masalah berdasarakn data eksiting dan selanjutkan menghasilkan rekomndasi desain. Adapun tahapan kegiatan adalah pengumpulan data awal, survey data eksisting, Analisa data, presentasi kepada mitra, pengembangan desain dan terakhir adalah presentasi atau diseminasi hasil kegiatan. Batasan/lingkup objek pembahasan akan di bagi 2 tahap yaitu tahap 1 pada periode 1-2023 semester genap 2022-2023 dan tahap 2 pada periode 2-2023 semester ganjil 2023-2024. Pada tahap 1 lingkup objek pembahasan (sesuai usulan mitra) adalah fasilitas penunjang yang meliputi ruang Hall, lobby, ruang tunggu siswa, reading corner, ruang drop makan siang dan jalur sirkulasi.  

By ardiantodito | Uncategorized @id
DETAIL
Jan
10

Perancangan Furniture Fasilitas Belajar Mengajar Guna Meningkatkan Kreativitas di PAUD Cemerlang

Selain untuk menunjang aktivitas belajar mengajar, ruang kelas menjadi arena bermain dan belajar, serta berkembang bersama teman dan dibawah panduan guru. POS PAUD Cemerlang merupakan PAUD dengan target sasar murid dikalangan menengah kebawah. Kondisi eksisting POS PAUD Cemerlang ini adalah ruang alih fungsi dari sebuah Ruang Serba Guna RW setempat yang diubah menjadi PAUD, dan kegiatan posyandu juga dilaksanakan diruang yang sama. Kondisi tersebut mengakibatkan keperluan ruang yang lebih fleksibel dan juga tetap harus memenuhi standar kebutuhan dari kegiatan-kegiatan di PAUD dan Puskesmas. Pengabdian Masyarakat periode ini mengharapkan, tim abdimas dapat menghasilkan perancangan dan membuat furniture yang dapat menjawab dan memenenuhi kebutuhan dari POS PAUD Cemerlang, khususnya furniture yang digunakan pada kegiatan belajar mengajar di ruang kelas. Briefing yang disampaikan mitra adalah dengan desain furniture tersebut dapat mendukung kegiatan belajar mengajar dengan memberikan ruang untuk menyimpan tas/perkelengkapan belajar mengajar siswa, yang dapat dijangkau dan memiliki kapasitas space yang cukup besar. Sehingga saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, siswa dapat duduk di kursinya dengan leluasa tanpa beban tas. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan guru menyimpan perlengkapan pengajaran agar tertata rapi. Dengan ruang yg tersusun rapi, dan ergonomi sesuai dengan pengguna, diharapkan menghasilkan ruang yang terdesain dengan lebih baik dari sebelumnya. Dengan visualisasi desain furniture yang dirancang, hasil dari Pengabdian Masyarakat ini diharapkan tepat guna dan dapat memenuhi Sustainable Develepoment Goals, khususnya dalam poin menghasilkan Pendidikan yang berkualitas. Serta bermanfaat bagi pihak mitra, tim Pengabdian Masyarakat, keilmuan tim, dan institusi tim Pengabdian Masyarakat. Kegiatan pengabdian Masyarakat berjalan lancer dengan serah terima furniture sesuai dengan timeline yang direncanakan pada proposal. Kegiatan serah terima berlangsung pada Jumat, 24 November 2024. Furniture built-in yang dirancang di buat 1:1 dan diberikan kepada mitra untuk dapat menjawab permasalahan mitra diawal. Mitra sasar merasa puas dan menyatakan bahwa furniture yang dirancang sudah sesuai dengan kebutuhan dan permintaan mitra yang disampaikan sebelumnya. Sehingga dapat menjadi bagian dari elemen ruang untuk mendukung kegiatan belajar mengajar khususnya pada POS PAUD Cemerlang. Tim berhadap Pengabdian masyarakat dapat berkelanjutan dengan POS PAUD Cemerlang atau pun instansi Pendidikan lainnya. Dengan harapan perancangan ruang yang berkualitas dapat menjadi bagian dalam menghasilkan Pendidikan yang berkualitas .

By ardiantodito | Uncategorized @id
DETAIL
Jan
10

ABDIMAS PERANCANGAN FURNITUR SARANA BELAJAR SESUAI ERGONOMI ANAK USIA DINI

Anak adalah potensi utama bagi masa depan suatu bangsa. Mereka tidak hanya sebagai cikal bakal penerus bangsa tetapi juga sebagai individu yang diharapkan memiliki daya saing yang tinggi. Kepribadian dan kualitas individu pada masa dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan pendidikan yang diperoleh pada masa kanak-kanak. Sekolah PAUD bagi anak-anak usia 0-4 tahun menerapkan konsep bermain sambil belajar (recreation learning) yang bertujuan membantu pengembangan diri anak-anak. TK Karya Putra dipilih menjadi mitra sasar untuk program Pengabdian kepada Masyarakat terkait dengan pembinaan pengembangan Pendidikan berkualitas yang harus dimulai sejak dini yaitu setingkat PAUD / TK. TK Karya Putra sangat memerlukan bantuan untuk penataan ruang interior kelas dengan keterbatasan tempat dan kapasitas murid yang meningkat. Begitupun dengan penyesuaian metode pembelajaran di sekolah tingkat usia dini yang memerlukan konsep ruang belajar yang nyaman sehingga diperlukan adanya furniture dan layoutnya yang sesuai dengan standar ergonomi anak usia dini. Dengan adanya penyelesaian desain yang tepat diharapkan menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan yang terjadi pada ruang belajar. TIM DOSEN : Aida Andrianawati (NIP : 20730002) Vika Haristianti, S.Ds., M.T (NIP: 20910029) Mahasiswa : Annisa Nurul Mardiyah (NIM: 1603213083) Kezia Ranteallo (NIM: 1603210230) Theresia Nara (NIM: 1603210011)

By ardiantodito | Pengabdian Masyarakat
DETAIL
Jan
10

IMPLEMENTASI KONSEP SMART-SAVING PADA PERANCANGAN DESAIN INTERIOR RUANG KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN PRASARANA PENDUKUNG PEMBELAJARAN DI TKA/TPQ AL-HIJRAH, CIMAHI

Pelaksanaan program Pengabdian Masyarakat ini memilih mitra sasar yang bergerak di bidang Pendidikan Islam, yaitu TKA dan TPQ Al-Hijrah, Cimahi. Lembaga ini merupakan salah satu sarana pendidikan yang berfokus pada pendidikan islam informal usia dini dan anak-anak. Secara umum demografi anak didiknya dibagi menjadi dua berdasarkan kategori usia, yaitu kategori balita (4-5 tahun) untuk jenjang TKA dan anak-anak (6-12 tahun) untuk jenjang TPQ. TKA/ TPQ Al- Hijrah berada di bawah naungan Organisasi Persatuan Islam Kota Cimahi. Gedung belajar TKA/TPQ saat ini baru saja berpindah ke Gedung baru di mana banyak kebutuhan sarana dan pra-sarana ruang belum dapat terpenuhi. Beberapa area belum benar-benar selesai, serta pembagian blocking ruang pun belum optimal. Untuk itu dari eksisting yang sedang ditempati saat ini, tim pengajar memiliki kebutuhan untuk sedikit demi sedikit menyesuaikan kelengkapan sarana dan pra-sarana Pendidikan agar dapat menyesuaikan dengan standar yang ada. Setelah melakukan observasi, disinyalir TKA/TPQ Al-Hijrah membutuhkan  perancangan desain ruang Kepala Sekolah. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan untuk melakukan diskusi dengan tamu yang sering harus dilakukan oleh kepala Sekolah, seringkali terganggu prosesnya dikarenakan tidak adanya Ruang Kepala Sekolah saat ini. Padahal jika melihat pada Pedoman Pra-Sarana PAUD ang diterbitkan Direktorat Pembinaan PAUD Kemdikbud, Ruang Kepala Sekolah/ Pimpinan masuk ke dalam standarisasi PRA-SARANA UTAMA dalam konteks prasarana layanan PAUD. Mempertimbangkan urgensi yang terjadi, tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu menyiapkan rencana desain dan implementasinya pada Gedung belajar TKA/TPQ Al-Hijrah.  Secara khusus pada perencanaan ruang Kepala Sekolah. Adapun Hasil desain merupakan rancangan ruang kepala sekolah yang menerapkan konsepsi smart saving. Seluruh furniture dan penempatannya disesuaikan dengan konsep pemaksimalan luasan ruang yang terbatas serta tetap mengedepankan aturan ergonomi agar aktivitas yang dijalankan dapat tetap terlaksana dengan maksimal.  Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk   optimalisasi desain interior pemenuhan pra-sarana utama pada PAUD. Diharapkan kegiatan belajar mengajar di TKA dan TPQ Al-Hijrah dapat berjalan dengan lancar dan lebih optimal karena adanya kegiatan ini. Sehingga berdampak pada KBM yang berjalan lebih baik dan sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku. Tim Dosen Program Studi Desain Interior Vika Haristianti, S.Ds., M.T (NIP: 20910029) Aida Andrianawati, S.T., M.Sn (NIP: 20730002) Djoko Murdowo, MBA (NIP: 22570005) Anggota Mahasiswa Desak Putu Ira Maharani (NIM: 1603210038) Fathimah (NIM: 1603210217)

By ardiantodito | Pengabdian Masyarakat
DETAIL