Perancangan Area Bermain Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Kreatif Siswa Melalui Lingkungan Bermain yang Inovatif di TKA Al-Hijrah, Cimahi

Di Indonesia sudah lumrah bagi anak-anak untuk menuntut ilmu di Taman Kanak- kanak Islam (TKA) sebelum masuk ke tingkat Sekolah Dasar (SD), dan melanjutkan masuk ke Taman Pembelajaran Qur’an (TPQ) saat menginjak usia SD. Sehingga pembenahan fasilitas dan infrastruktur pada lembaga pendidikan agama merupakan langkah yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu menyiapkan rencana desain dan prototype bagi gedung belajar TKA Al-Hijrah.  Secara khusus pada perancangan area bermain.

Gambar 1. Kondisi eksisting dan rencana desain teknologi tepat guna pada area bermain di TKA Al-Hijrah, Cimahi

Perancangan area bermain ini merupakan sebuah proyek pengembangan lingkungan bermain yang dirancang khusus untuk merangsang kreativitas siswa didik. Pendidikan merupakan pondasi dasar bagi kehidupan manusia. Setiap anak sejak usia dini, harus diberikan arahan belajar untuk mengembangkan dan menggunakan kekuatan mental, dan fisik. Area bermain di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan siswa. Area bermain dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan solutif. Di dalam pelaksanaannya, metode perancangan yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini akan dibagi ke dalam tiga tahapan yaitu tahapan analisis, sintesis, dan evaluasi di mana pada setiap tahapannya, mitra sasar dan tim pengabdian masyarakat akan berkoordinasi agar dapat menghasilkan solusi terbaik untuk pemecahan masalah.

Gambar 2. Pengadaan prototype program Pengabdian Masyarakat

Diharapkan dengan adanya perancangan area bermain, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan kreatif, sosial, dan kognitif mereka melalui pengalaman bermain yang edukatif dan menyenangkan. Sehingga dapat menciptakan lingkungan bermain yang inovatif dan mendukung pengembangan potensi kreatif siswa di TKA Al-Hijrah, Cimahi.

Gambar 3. Proses serah terima program antara Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Desain Interior Universitas Telkom dengan mitra TKA Al-Hijrah, Cimahi

Dari hasil evaluasi menggunakan pembagian kuesioner, Program pengabdian terhadap masyarakat ini dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasar. Mitra menilai bahwa program pengabdian masyarakat berdampak baik, dan diharapkan dapat terus dilanjutkan di TKA dan TPQ Al-Hijrah.

 

Tim Dosen Program Studi Desain Interior

  1. Vika Haristianti, S.Ds., M.T (NIP: 20910029)
  2. Djoko Murdowo, MBA (NIP: 22570005)

Anggota Mahasiswa

  1. Desak Putu Ira Maharani (NIM: 1603210038)
  2. Fathimah (NIM: 1603210217)