IMPLEMENTASI KONSEP BANGUNAN BERTUMBUH DALAM PENGEMBANGAN SARANA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI PAUD AL-HIJRAH

IMPLEMENTASI KONSEP BANGUNAN BERTUMBUH DALAM PENGEMBANGAN SARANA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI PAUD AL-HIJRAH

Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan konsep "Bangunan Bertumbuh" dalam pengembangan sarana pembelajaran adaptif di PAUD Al-Hijrah, Cimahi. PAUD Al-Hijrah. Konsep ini mengacu pada pengembangan infrastruktur sekolah yang fleksibel dan adaptif, memungkinkan penambahan ruang kelas sesuai kebutuhan. Dengan adanya desain ruang kelas yang adaptif, sekolah dapat menyesuaikan kapasitas dan fungsi ruang seiring dengan pertumbuhan jumlah peserta didik. Hal ini penting, terutama bagi PAUD yang sering kali dihadapkan pada keterbatasan ruang dan fasilitas.

Fenomena di atas merupakan bukti yang menunjukan bahwa orang tua yang berminat menyekolahkan anaknya di PAUD Al-Hijrah jumlahnya semakin meningkat. Untuk membuat kualitas semakin baik, dan bisa terus diminati Masyarakat maka proses pembelajaran di PAUD Al-Hijrah memerlukan pembenahan terus-menerus agar kegiatan belajar mengajar yang dilakukan bisa berjalan lebih optimal dan proses pembelajaran maupun operasional bisa berjalan lebih baik. Peningkatan fungsi dan tata ruang dengan cara redesain sarana dan prasarana akan menghasilkan keuntungan pada mitra sasar. Mempertimbangkan urgensi yang terjadi, tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu menyiapkan rencana desain dan prototype bagi gedung belajar di PAUD Al-Hijrah. Seiring dengan berkembangnya pemahaman tentang pendidikan anak usia dini, serta meningkatnya peminat yang mendaftar ke PAUD Al-Hijrah terdapat kebutuhan mendesak untuk melakukan penambahan jumlah ruang kelas. Kemajuan sekolah berdampak pada harus ditambahnya sarana dan prasarana, yang diwujudkan dengan optimalisasi dari fasilitas yang ada saat ini.

Gambar 1. Perbandingan visualisasi desain ruang kelas PAUD Al-Hijrah sebelum dan sesudah dilakukan perancangan ulang

Penerapan konsep bangunan bertumbuh diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan kognitif, sosial, motorik, serta emosional anak usia dini. Selain itu, program ini juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 (Pendidikan Berkualitas) dan 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur). Kegiatan Pengabdian masyarakat telah selesai dengan diadakannya prosesi serah terima kepada Mitra Sasar pada bulan Juli 2025.

Gambar 2 Serah terima kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada kepala sekolah PAUD Al-Hijrah

Program Pengabdian Masyarakat dengan judul IMPLEMENTASI KONSEP BANGUNAN BERTUMBUH DALAM PENGEMBANGAN SARANA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI PAUD AL-HIJRAH dinilai efektif meningkatkan kualitas sarana belajar secara fleksibel dan berkelanjutan. Konsep bangunan bertumbuh dianggap relevan dengan kebutuhan sekolah, dan kolaborasi yang terjalin berjalan dengan baik. Desain ruang bisa diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar, serta luaran prototype mebel yang diberikan juga sesuai dengan kebutuhan mitra sasar. Mitra sasar berharap kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat berlanjut karena merasa sangat puas dengan hasil yang dicapai.

Anggota Dosen
Vika Haristianti, S.Ds., M.T (NIP: 20910029)
Ariesa Farida, S.T., M. Arch (NIP: 23870013)
Aida Andrianawati, S.T.,M.Sn (NIP: 20730002)

Anggota Mahasiswa
Desak Putu Ira Maharani (NIM: 1603210038)
Fathimah (NIM: 1603210217)
Natasya Novariza Mulyadi (NIM: 1603223095)