Optimalisasi Desain Interior Ruang Kelas Sebagai Upaya Efektivitas Kegiatan Belajar Mengajar di TKA dan TPQ Al-Hijrah
Pendidikan merupakan pondasi dasar bagi kehidupan manusia. Setiap anak sejak usia dini, harus diberikan arahan belajar untuk mengembangkan dan menggunakan kekuatan mental, dan fisik. Salah satu aspek pendidikan yang penting untuk dipupuk sejak dini adalah pendidikan agama. Dengan pendidikan agama sejak dini yang matang, diharapkan akan dapat membantu perkembangan anak terutama dalam hal sikap dan tingkah laku agar santun dan lembut saat bersikap di masyarakat. Di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, sudah lumrah bagi anak-anak untuk menuntut ilmu di Taman Kanak-kanak Islam (TKA) sebelum masuk ke tingkat Sekolah Dasar (SD), dan melanjutkan masuk ke Taman Pembelajaran Qur’an (TPQ) saat menginjak usia SD.
Untuk itu, rencana pelaksanaan program Pengabdian Masyarakat ini memilih mitra sasar yang bergerak di bidang Pendidikan Islam, yaitu TKA dan TPQ Al-Hijrah, Cimahi yang kebutuhan operasionalnya banyak mengandalkan dana donatur, di mana seringkali jumlah dan frekuensi pemberiannya tidak tetap. Karenanya, banyak dari fasilitas dan infrastruktur yang ada saat ini keadaannya kurang optimal. Mempertimbangkan urgensi yang terjadi, tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah membantu menyiapkan rencana desain dan prototype bagi Gedung belajar TKA/TPQ Al-Hijrah. Secara khusus pada pembagian area ruang kelas. Dalam kurun waktu setahun terakhir semenjak area TKA dan TPQ pindah ke Gedung saat ini, proses pembelajaran dilakukan dengan fasilitas seadanya. Setiap hari anak-anak TKA dan TPQ terpaksa belajar di area open space tersebut tanpa adanya pembatasan area ruang. Akibatnya seringkali konsentrasi anak TKA maupun TPQ terganggu karena tidak focus. Diharapkan dengan adanya optimalisasi desain interior ruang kelas, kegiatan belajar mengajar di TKA dan TPQ Al-Hijrah dapat berjalan dengan lancar dan optimal.
Anggota Dosen:
- Vika Haristianti, S.Ds., M.T
- Aida Andrianawati, S.T., M.Sn
Recent Comments