PERANCANGAN LAY-OUT RUANG GURU YANG DISESUAIKAN ERGONOMI PENGGUNA

Pos PAUD Fathonah merupakan sebuah sarana pendidikan anak usia dini yang terletak di Desa Lengkong, Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung. Alamat lengkap Pos PAUD Fathonah berada di Kampung Ciganitri RT 02 RW 09, Lengkong, Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung Prov. Jawa Barat. Pos PAUD Fathonah berdiri sejak tahun 2015 yang merupakan swasembada dari Desa Lengkong itu sendiri. Pos PAUD Fathonah menerima semua siswa didik tanpa dikenakan iuran wajib. Biaya operasional Pos PAUD Fathonah berasal dari swasembada Desa Lengkong. Setiap tahunnya Pos PAUD Fathonah menerima peningkatan jumlah siswa-siswi, hal tersebut disebabkan oleh semakin baiknya sarana dan prasarana yang terdapat di Pos PAUD Fathonah. Sarana dan Prasarana yang diterima oleh Pos Paud Fatonah juga banyak yg berasal dari sumbangan dari warga sekitar hingga pemerintah setempat. Dengan semakin baiknya sarana dan prasarana di sekolah tersebut, maka antusiasme warga sekitar untuk menyekolahkan anaknya di Pos Paud Fathonah juga semakin tinggi.

Saat ini pemerintah telah membuat peraturan mengenai sistem pembelajaran di masa pandemi. Sistem pembelajaran di POS PAUD Fathonah sudah 100% secara tatap muka. Siwa dan siswi belajar secara langsung dimulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.30 WIB sedangkan waktu kerja para tenaga pengajar dari jam 07.00-10.00 WIB. Setelah masa pandemi berlalu ternyata terjadi peningkatan jumlah siswa yang signifikan di tahun ajaran 2023-2024 ini. Jumlah siswa yang sebelumnya hanya sebanyak 53 siswa, bertambah sebanyak 20 siswa menjadi 73 siswa. Berdasarkan peningkatan tersebut maka terjadi pengalihan ruang serbaguna menjadi ruang kelas. Selain penambahan ruang kelas, saat ini terdapat juga penambahan ruang guru yang sebelumnya tidak ada. Ruang guru yang ada saat ini belum ditata sesuai dengan fungsinya. Ruangan yang sebelumnya merupakan ruang serbaguna kemudian difungsikan menjadi ruang guru tentunya perlu banyak pertimbangan agar para guru yang berada didalamnya bisa merasa nyaman. Ruang guru ini berfungsi sebagai ruang peralihan ketika guru bergantian melakukan kegiatan belajar mengajar dan juga sebagai ruang pertemuan dengan perwakilan orang tua murid. Berdasarkan permasalahan yang ditemui di Pos Paud Fatahonah, maka kami tim dari dosen desain interior Universitas Telkom akan memberi solusi terkait perancangan lay out ruang guru yang menyesuaikan aktifitas dan ergonomi manusia. Ruang yang dirancang menyesuaikan kebutuhan, aktifitas dan kondisi eksisting di Pos Paud Fathonah. Selain itu, pendekatan dalam perancangan lay out ini juga menggunakan faktor ergonomi yaitu antropometri dan psikologi ruang yang disesuaikan dengan pengguna yaitu antropometri manusia dewasa. Hasil perancangan diharapkan akan menjadi panduan pembangunan Pos Paud Fathonah melalui swasembada Desa Lengkong, Ciganitri.

Pos PAUD Fathonah merupakan sebuah sarana pendidikan anak usia dini yang terletak di Desa Lengkong, Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung. Alamat lengkap Pos PAUD Fathonah berada di Kampung Ciganitri RT 02 RW 09, Lengkong, Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung Prov. Jawa BaratPos PAUD Fathonah merupakan sebuah sarana pendidikan anak usia dini yang terletak di Desa Lengkong, Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung. Alamat lengkap Pos PAUD Fathonah berada di Kampung Ciganitri RT 02 RW 09, Lengkong, Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung Prov. Jawa Barat. Pos PAUD Fathonah berdiri sejak tahun 2015 yang merupakan swasembada dari Desa Lengkong itu sendiri. Pos PAUD Fathonah menerima semua siswa didik tanpa dikenakan iuran wajib. Biaya operasional Pos PAUD Fathonah berasal dari swasembada Desa Lengkong. Setiap tahunnya Pos PAUD Fathonah menerima peningkatan jumlah siswa-siswi, hal tersebut disebabkan oleh semakin baiknya sarana dan prasarana yang terdapat di Pos PAUD Fathonah. Sarana dan Prasarana yang diterima oleh Pos Paud Fatonah juga banyak yg berasal dari sumbangan dari warga sekitar hingga pemerintah setempat.

Dengan semakin baiknya sarana dan prasarana di sekolah tersebut, maka antusiasme warga sekitar untuk menyekolahkan anaknya di Pos Paud Fathonah juga semakin tinggi. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tim akan merancang lay out ruang guru yang disesuaikan dengan aktifitas dan ergonomi manusia. Aktifitas yang dimaksud adalah kegiatan rapat bersama, bertemu perwakilan orang tua dan melakukan kegiatan administrasi. Aktifitas tersebut kemudian akan dilakukan analisa mendalam terkait ergonomi sesuai dengan pengguna dewasa. Dari pemaparan tersebut maka hal ini menjadi perhatian khusus karena dengan merancang sebuah ruang guru tentunya secara tidak langsung akan meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih baik lagi. Para guru tidak lagi menyimpan tas dan keperluan lainnya diruang kelas, melainkan sudah memiliki ruangan sendiri. Kepala sekolah juga bisa bertemu dengan perwakilan orang tua diruang guru tersebut.  Perancangan lay out ruang guru menggunakan aplikasi autocad dengan modeling menggunakan sketchup dan dirender menggunakan vray. Masyarakat sasar yaitu masyarakat di Pos PAUD Fathonah ini mengharapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terus berkelanjutan dikemudian hari. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya fasilitas interior terkait kegiatan belajar mengajar yang masih belum memenuhi standar fasilitas belajar mengajar di Pos PAUD Fathonah ini. Dan juga mitra memberi gambaran kedepannya agar koordinasi antara pihak kampus dengan petugas dilapangan. Harapan besar dari pihak mitra adalah dengan terjalinnya kerjasama secara berkelanjutan maka akan meningkatkan mutu pendidikan khususnya bagi anak usia dini di Indonesia.

Serah Terima Bersama Perwakilan Pos PAUD Fathonah Yaitu Ibu Heni Selaku Kepala Sekolah

Pos PAUD FAthonah, Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Oleh Tim Dosen Prodi Desain interior, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom