Dosen Desain Interior Membuatkan Desain Rumah Perpustakaan Pohon untuk Meningkatkan Literasi Membaca Anak-Anak RT 10 Perum Pesona Ciganitri

Pada hari Minggu, 9 Juni 2024 tim dosen KK INLIVE bersama delapan mahasiswa dari Prodi S1 Desain Interior Fakultas Industri Kreatif (FIK) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas) bertopik pengenalan teknologi metaverse untuk meningkatkan daya literasi membaca anak-anak di RT 10 Perumahan Pesona Ciganitri, Kabupaten Bandung. Abdimas ini berlandaskan keperluan terkait kebutuhan fasilitas penunjang tempat membaca di area taman. Kebetulan kondisi taman Blok C Perumahan Pesona Ciganitri, Desa Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung merupakan taman komplek yang berada di dalam cluster dan memiliki bentuk segitiga dengan luas sekitar 300 meter persegi.

Tim Abdimas saat penyerahan hasil abdimas kepada mitra masyarakat RT 10

Kegiatan abdimas ini dilakukan di area taman segitiga RT 10 Perumahan Pesona Ciganitri. Kegiatan diawali dengan pemutaran profil dan mars telkom university dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua RT 10, yaitu Bapak Endang Kuswara. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan sesi presentasi materi hasil desain perpustakaan rumah pohon oleh ketua Tim Abdimas, Bapak Akhmadi, S.T., M.Ds. Pemaparan materi dilakukan dengan menyampaikan latar belakang, potensi pemberdayaan tingkat literasi anak-anak, serta potensi untuk mendesain rumah perpustakaan pohon di taman RT 10.

Pemaparan Presentasi dan diskusi hasil desain kepada peserta abdimas

Sambil dilaksanakan sesi pemaparan materi, tim mahasiswa juga membuka sesi ujicoba penggunaan Virtual Reality (VR) Oculus Quest 2 kepada anak-anak yang sudah hadir. Ujicoba VR bertujuan untuk memperkenalkan desain perpustakaan rumah pohon kepada anak-anak. Di dalam desain rumah virtual tersebut, anak-anak dikenalkan ruangan yang terdapat rak buku dan tempat untuk menyimpan dan membaca bukunya kembali di atas bangunan seperti panggung. Respon anak-anak ketika melihat desain rumah perpustakaan pohon secara virtual sangat beragam. Mulai dari respon yang antusias, tertarik hingga sangat ingin untuk menggunakannya sebagai mainan game virtual.

Ujicoba VR dari hasil desain rumah perpustakaan pohon kepada anak-anak peserta abdimas

Kegiatan abdimas kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi hasil desain bersama warga yang hadir dengan tim dosen. Diskusi dimulai dari model rumah perpustakaan pohon yang bisa menunjukkan area transparan di bagian bawah, penggunaan jendela yang lebih terbuka di bagian atasnya, serta penggunaan material yang lebih ramah terhadap aktivitas anak-anak yang akan naik-turun ke rumah pohon. Diskusi berlangsung hangat dan mencair antara bapak-bapak yang hadir dengan tim abdimas. Banyak masukan untuk proses revisi selanjutnya serta untuk pengembangan yang lebih baik lagi.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini mendukung program SDGs nomor ketiga dan Sembilan. Yaitu mengenai (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera, serta poin ke (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur. Hal ini karena abdimas ini bisa bermanfaat dalam membuat suatu desain rumah perpustakaan pohon secara virtual untuk bisa dikenalkan kepada masyarakat dan anak-anak.

Gambar desain perencanaan rumah perpustakan pohon dengan hasil pembangunan fisiknya.

Tim Dosen dan Mahasiswa dari Abdimas rumah perpustakan pohon berfoto di depan hasil pembangunan.

 

KETUA TIM : AKHMADI
ANGGOTA DOSEN:
REZA HAMBALI WILMAN ABDULHADI
ATHIFA SRI ISMIRANTI

ANGGOTA MAHASISWA:
1. AISY KAMILA
2. ⁠SEKAR WULANDARI
3. ⁠AMEILIA TIARA PUTRI
4. CARISASYEVA WIDI RAMARENA
5. RIZQ BINTANG HAKIM
6. ANGGI DWIASTUTI
7. AMIR MUHAMMAD ZIA ULHAQ
8. HAIFA AGIS KARMILA