Pengabdian Kepada Masyarakat POS PAUD Fathonah di Desa Lengkong

Perencanaan Pemanfaatan Limbah Melaminto Menjadi Elemen Interior Sebagai Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar di POS PAUD Fathonah di Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung, Jawa Barat

 Oleh: Imtihan Hanom,S.Sn.,M.Ds, Rizka Rachmawati,S.Ds.,MBA, Dr. Djoko Murdowo, MBA

 

Pos PAUD Fathonah merupakan sebuah sarana pendidikan anak usia dini yang terletak di Desa Lengkong, Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung. Pos PAUD Fathonah berdiri sejak tahun 2015 yang merupakan swasembada dari Desa Lengkong itu sendiri. Pos PAUD Fathonah menerima semua siswa didik tanpa dikenakan iuran wajib. Biaya operasional Pos PAUD Fathonah berasal dari swasembada Desa Lengkong.

 

Setiap tahunnya Pos PAUD Fathonah menerima peningkatan jumlah siswa-siswi, hal tersebut disebabkan oleh semakin baiknya sarana dan prasarana yang terdapat di Pos PAUD Fathonah. Perbaikan mengenai sarana dan prasarana sudah cukup baik, khususnya dari pihak Universitas Telkom melalui tim dosen Desain Interior terus melakukan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan. Untuk periode ini, tim dosen Desain Interior melakukan revitaliasi area belajar berupa perencanaan area papan tulis di ruang kelas agar dapat meningkatkan fokus belajar siswa-siswi didik di Pos PAUD Fathonah.

 

Area belajar khususnya pada bagian papan tulis dirasa masih belum sesuai dengan standar kelayakan. Kondisi Pos PAUD Fathonah saat ini sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan kearah yang lebih baik, terlihat dari tampilan eksterior bangunan yang lebih tertata dan rapi. Akan tetapi, permasalahan ruang interior kelasnya masih banyak sehingga kegiatan belajar dan mengajar belum optimal. Salah satu permasalahan dalam ruang belajar adalah bagian depan ruang kelas yang merupakan fokus pembelajaran tidak tertata dengan baik dan masih banyak kekurangannya. Kekurangan terkait proses pembelajaran antara lain yaitu:

 

  1. Media mengajar berupa papan tulis tidak cukup besar, mengingat jumlah siswa yang banyak memungkinkan adanya siswa yang tidak dapat memperhatikan dengan jelas.
  2. Area dibagian depan kelas penuh dengan barang sehingga mengakibatkan fokus belajar yang terpecah.
  3. Material mengajar berupa papan tulis tidak terbuat dari material yang mudah dibersihkan sehingga sisa materi pengajaran sebelumnya masih terlihat samar, hal tersebut tentu sangat mengganggu proses pembelajaran.
  4. Media mengajar berupa papan tulis memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan antropometri dan kebutuhan diruang kelas tersebut.

 

Kondisi Eksisting Pos PAUD Fathonah

 

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, solusi dari tim pengabdian adalah dapat memberi pemecahan permasalahan dari permasalahan yang muncul di Pos PAUD Fathonah yaitu mengenai area mengajar yaitu papan tulis yang kurang kondusif. Area belajar yang sempit dengan ukuran papan tulis yang kecil dapat menyebabkan rendahnya fokus siswa siswi di Pos PAUD Fathonah ketika berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Rasa nyaman dan aman merupakan hal yang wajib diberikan oleh instansi pendidikan agar menghasilkan kualitas siswa siswi yang baik. Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi wadah untuk mengembangkan potensi diri anak, dimana diperlukan juga pendidikan kemandirian dari pengasuh, guru, ataupun orang tua. yaitu dengan perencanaan gambar kerja berupa elemen interior yaitu papan tulis serbaguna yang dapat meningkatkan tingkat fokus siswa siswi ketika sedang belajar. Hal tersebut tentu juga berpengaruh kepada rasa nyaman dan semangat guru yang akan mengajar.  Perencanaan gambar kerja berupa olahan limbah industri yaitu limbah melaminto menjadi material utama dari produk papan tulis serbaguna.

 

 

 

 

 

Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang menghasilkan sebuah produk desain melibatkan tim Dosen Program Studi Desain Interior Universitas Telkom yang telah memiliki pengalaman sebagai praktisi dan pengajar Desain Mebel, Merancang Interior, dan Psikologi Ruang. Mahasiswa turut dilibatkan agar mengetahui proses membuat sebuah produk desain secara riil. Kegiatan dilaksanakan dari bulan januari hingga Mei di Pos PAUD FAthonah, Ciganitri, Desa Lengkong, Bandung, Jawa Barat :

 

Survey lokasi, wawancara, diskusi

Tahapan ini merupakan tahap awal untuk mengamati kondisi ruang kelas Pos PAUD Fathonah. Pengamatan fokus untuk kebutuhan belajar mengajar yaitu papan tulis. Setelah mengetahui kebutuhan yang diperlukan oleh Pos PAUD Fathonah kemudian tim melakukan wawancara dengan bertanya kebutuhan lainya yang diperlukan dalam proses belajar mengajar. Setelah diobservasi dan diamati kemudian tim dosen melakukan wawancara kepada kepala sekolah Pos PAUD Fathonah dan mendapatkan simpulan mengenai acuan perancangan papan tulis serbaguna yang dapat diaplikasikan di ruang kelas tersebut.

 

Proses Desain

Proses desain dilakukan setelah mengetahui konsep perancangan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan juga menggunakan beberapa refrensi mengenai furniture multi fungsi (moveable ataupun convertible). Hal tersebut dilakukan agar produk desain yang diciptakan memiliki fungsi ganda yaitu sebagai papan tulis wadah guru mengajar dan juga sebagai wadah siswa-siswa bisa berinteraksi dengan guru atau teman lainnya dalam konteks pembelajaran. Proses desain menghasilkan gambar kerja 2 dimensi dan 3 dimensi. (gambar terlampir)

 

Proses Serah Terima

Setelah gambar kerja selesai, gambar kerja dikirim melalui email ke Kepala Sekolah Pos PAUD Fathonah. Setelah itu dilakukan serah terima gambar kerja papan tulis serbaguna dari tim Dosen Desain Interior Telkom University kepada Pos PAUD Fathonah, Ciganitri, Desa Lengkong, Bandung, Jawa Barat.

 

Setelah kegiatan ini berjalan, pihak mitra berharap agar kegiatan pengabdian masyarakat di Pos PAUD Fathonah Ciganitri ini dapat terus berlanjut. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya fasilitas di Pos PAUD Fathonah terkait kegiatan belajar mengajar yang belum dapat dikatakan layak. Fasilitas yang dimaksud sebagian besar terkait dengan interior ruang dan mebel nya. Pihak mitra berharap dari kerjasama yang telah terjalin ini terus berlanjut sehingga pihak mitra dan tim dari Universitas Telkom dapat memberi kontribusi yang besar terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini.

 

 

%d bloggers like this: