Perancangan Ulang Interior Ruang Kelas RA Miftahul ‘Uulum Guna Meningkatkan Efektifitas Ruang
Tim Dosen:
Kiki Putri Amelia, S.T., M.Ds (ketua)
Widyanesti Liritantri, S.Sn., M.Des (anggota)
Ariesa Farida, S.T., M.Arch (anggota)
Tim Mahasiswa:
Sayed Ahmed Maulana Al-Mahdali (1603210225)
Huga Athallah Permadi (1603213149)
Kegiatan belajar mengajar akan dapat dilaksanakan dengan optimal jika ruang/wadah tempat aktivitas dirancang didesain dengan baik, sesuai standar kenyamanan secara fungsional maupun secara psikologis. RA Miftahul ‘Uulum merupakan salah satu instansi pendidikan anak usia dini yang berbasis Islami dan terus berkembang dan berusaha memberikan layanan terbaik bagi siswanya, dengan mengikuti perkembangan dari pendidikan. Kondisi yang terbatas dari sisi lahan, kondisi bangunan dan perkembangan dari ilmu Pendidikan menuntut pihak sekolah untuk terus mengikuti kondisi tersebut, khususnya pada ruang kelas, diharapkan dapat mendukung aktivitas belajar mengajar sehingga kegiatan berjalan dengan optimal. Pengabdian Masyarakat kali ini merupakan salah satu jalan untuk dapat membantu RA Miftahul ‘Uulum berkembang dengan salah satunya dapat memperoleh referensi perencangan ruang kelas yang dapat memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar, sehingga ruang kelas bisa lebih efisen dan dapat fleksible menyesuaikan kebutuhan dari berbagai aktivitas kegiatan. Luaran dari pegabdian Masyarakat ini adalah dengan membuat analisis kondisi eksisting dan rekomendasi perancangan ruang kelas yang dapat efisien dan tepat guna, serta studi awal furniture yang akan dikembangkan pada kegaitan pengabdian masyarakat selanjutnya. Kegiatan ini pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan dan mendapat repson positif dari mitra. Diharapkan dapat berkelanjutan dengan secara bertahap mengembangankan RA Miftahul ‘Uluum, tidak terbatas dengan studi kasus yang sama, kegiatan ini diharapkan dapat diaplikasikan kepada institusi pendidikan lainnya..