Penataan Kawasan Kampus SMK Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu

Pendidikan pada saat ini merupakan suatu sektor penting di dalam masyarakat. Dengan Pendidikan yang baik diharapkan dapat terbentuk masyarakat mengalami penghidupan yang layak. Guna memenuhi kebutuhan Pendidikan tersebut masa sekarang banyak pihak – pihak yang membuka sektor Pendidikan, mulai Pendidikan usia dini hingga Pendidikan tinggi. Salah satunya adalah Yayasan Muhammadiyah yang memiliki sektor Pendidikan mulai jenjang usia dini hingga perguruan tinggi.

Yayasan Muhammadiyah khususnya pada sektor sudah berkembang cukup Panjang di Indonesia. Terdapat sekolah dan perguruan tinggi di beberapa kota di Indonesia. Salah satunya adalah Yayasan Muhammadiyah yang membuka sekolah di Indramayu. Sebenarnya tidak hanya SMK Muhammadiyah satu – satunya sekolah milik yayasan Muhamadiyah di Indramayu, terdapat sekolah usia dini mulai TK hingga pesantren. Namun perkembangan SMK Muhammadiyah merupakan yang paling signifikan di banding sekolah yang lainnya, dapat dilihat dari laju pertumbuhan penerimaan siswa baru tiap tahun ke tahunnya. SMK yang membentuk lulusan terampil dan siap kerja cukup banyak diminati di Kabupaten Indramayu.

Dengan pertumbuhan yang cukup pesat tersebut SMK Muhammadiyah telah mengembangkan Kawasan baru yang luasnya cukup besar yaaitu lebih dari 1 hektar di kecamatan haurgeulis guna mengakomodir SMK Muhammadiyah Haurgeulis dengan peningkatan jumlah siswa serta penambahan jurusan serta fasilitas – fasiltas baru penunjang Pendidikan vokasi.lahan yang telah didirikan 2 buah bangunan yaitu bangunan kelas dan bangunan praktek terus melakukan pembenahan serta pengembangan. Salah satu yang sedang dibangun adalah Mesjid yang dapat dipergunakan siswa serta oleh masyarakat sekitar. Namun yang terjadi adalah pembangunan yang terkesan berdiri sendiri tanpa menggunakan konsep terpadu Kawasan, jalur akses serta sirkulasi antara massa bangunan yang jelas serta pihak SMK dalam perencanaan pembangunan sangat kesulitan menenetukan zonasi bangunan serta berbagai hal tersebut diatas karena tidak ada dokumen pedoman master plan. Master Plan umumnya telah direncanakan diawal khususnya pada Kawasan yang cukup luas dan dikembangkan bertahap agar pada pengembangannya dapat terukur serta dapat membentuk Kawasan yang saling berkesinambungan baik dari segi fungsi, zonasi, sirkulasi maupun estetika.

Kebutuhan master plan tersebut menjadi bahan pertimbangan kami tim pengabdian masyarakat prodi desain interior fakultas industri kreatif Universitas Telkom untuk diajukan menjadi pengabdian masyarakat periode ini. Harapan kami dengan penataan Kawasan serta output desain Kawasan berupa maste plan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan dunia Pendidikan dengan kasus Kawasan Pendidikan SMK Haurgeulis. Dan penataan Kawasan Pendidikan ini diharapkan dapat diterapkan pada pengembangan Kawasan Pendidikan SMK haurgeulis agar tercipta Kawasan yang terencana serta memiliki nilai estetika baik bagi siswa SMK tersebut maupun bagi masyarakat sekitarnya.

 

 

 

 

 

%d bloggers like this: