Penataan Interior Pendopo di Pemukiman Rancamanyar Kabupaten Bandung

Pendopo pada objek pengabdian masyarakat ini berfungsi sebagai ruang serbaguna. Ruang serbaguna sebagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat Rancamanyar sebagai tempat berkumpul, bersantai, bermusyawarah, bersosialisasi dan berinterkasi.

Ruang serbaguna di sebuah pemukiman merupakan suatu bentuk pelayanan terhadap masyarakat setempat  untuk mendukung segala aktifitas yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari khususnya untuk kegiatan sosial, komunikasi, interaksi, rekreasi dan edukasi. Peningkatan mutu pelayanan warga harus didukung oleh fasilitas yang layak (tertata dengan baik) diharapkan dapat memberikan unsur positif pada keseluruhan bermasyarakat bagi warga setempat khususnya di lingkungan pemukiman Rancamanyar.

Fasilitas sosial khususnya pendopo/ruang serbaguna merupakan fasilitas yang membutuhkan penanganan secara baik. Penanganan fasilitas ruang serbaguna bisa melalui perencanaan dan perancangan yang matang, agar fasilitas dapat berfungsi dengan maksimal.

Perumahan Rancamanyar sangat membutuhkan fasilitas ruang serbaguna agar warga bisa bersosialisasi, berintekasi dan bermusyawarah dengan nyaman.

Ruang  serbaguna tersebut diharapkan bisa terwujud sesuai dengan kebutuhan warga, sehingga ruang serbaguna ini mampu meningkatkan solidaritas, kebersamaan, kekeluargaan dan keamanan warga dan lingkungan. Kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap keseimbangan dan tingkat pelayanan warga baik secara sosial maupun individual.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada masyarakat terkait mengenai peningkatan pelayanan fasilitas sosial khususnya interior ruang serbaguna. Solusi yang rencanakan berupa analisis permasalahan di lokasi, perancangan/penataan interior ruang serbaguna.

Pada konsep ini bangunan pendopo didominasi oleh dinding bata dengan melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan oleh warga sebelumnya. Ada tiga inovasi desain yang ditawarkan kepada warga dalam desain ini. Pertama, lantai dibuat raised floor yang dapat dibuka dan dfungsikan sebagai tempat penyimpanan. Kedua, bukaan pada dinding samping kiri, dibuat melipat dua dengan rel di kiri kanan kusen, sehingga tidak mengganggu sirkulasi di luar, juga memudahkan orang yang di dalam untuk berkomunikasi ke luar. Ketiga, Dinding sebelah kanan dapat dibuka seperti warung, sehingga dapat menambah area teduh di luar pendopo.