PROGRAM PENGEMBANGAN INTERIOR MASJID AL-FALAH RW.09 BUAH BATU DENGAN KONSEP UNIVERSAL GUNA MENINGKATKAN KENYAMANAN SELURUH PENGGUNANYA

PROGRAM PENGEMBANGAN INTERIOR MASJID AL-FALAH RW.09 BUAH BATU DENGAN KONSEP UNIVERSAL GUNA MENINGKATKAN KENYAMANAN SELURUH PENGGUNANYA

 

Kegiatan Pengabdian Kepada dilaksanakan oleh para pengajar Program Studi Desain Interior – Faklutas Industri Kreatif Universitas Telkom, adalah “Program Pengembangan Interior Masjid Al-Falah RW. 09, Buah Batu Dengan Konsep Universal Guna Meningkatkan Kenyamanan Seluruh Penggunanya”. Hasil akhir berupa konsep perancangan dan produksi furniture untuk meningkatkan kenyamanan baik secara visual  dan fungsi pada Masjid Al-Falah RW 09.

Masjid Al-Falah ini adalah sarana beribadat warga sekitar untuk melaksanakan shalat lima waktu dan kegiatan keagamaan lainnya, seperti ; pengajian rutin, rapat Dewan Kemakmuran Masjid dan shalat jum’at. Gedung masjid ini memiliki fungsi lain, yaitu tempat Pendidikan Al Quran tingkat TK dan SD, juga setiap bulan di fungsikan sebagai ruang pos yandu. Fungsi – fungsi diatas tersebut dieselenggarakan di area serambi masjid.

Masjid ini awalnya dibangun hanya seluas sekitar 100 m2 dan kemudian mengalami perluasan dengan ruang yang semi terbuka seluas 80 m2. Bangunan awal menjadi ruang ibadah utama, dan ruang perluasan yang terletak dibelakang sebagai penunjung aktivitas lainnya dan dijadikan ruang shalat juga ketika ruang utama penuh.

Atas pertimbangan beberapa hal diatas, dengan demikian pemilihan konsep yang tepat digunakan dalam renovasi interior Masjid Al-Falah adalah desain universal. Desain universal adalah sebuah pendekatan desain untuk menghasilkan fasilitas dan juga produk bagi semua orang (sebagai pengguna) secara umum, tanpa batasan fisik, rentang usia, dan juga jenis kelamin. Dengan pendekatan desain tersebut, suatu fasilitas maupun produk akan mengalami ’kompromi’ sehingga semua orang sebagai pengguna dapat diakomodasi kebutuhannya dalam beraktivitas, tanpa mengeksklusifkan sebagian orang.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan menghasilkan sebuah usulan desain dan produksi furniture yang dapat memenuhui segala kebutuhan aktivitas peribadatan dan kegiatan kemasyarakatan lainnya di lingkungan RW 09 yang dapat membuat bangunan dengan besaran terbatas ini menjadi  penataan yang efektif dan tumaninah.

 

                     

 


Have writing thesis help you completed the survey of earned doctorates.